Ad

2 Cara Kompres File Word (doc, docx, odt) Online dan Offline

Pernahkah Anda mengalami gagal mengupload file word dikarenakan ukurannya yang terlalu besar? Tenang saja, kami akan bahas secara lengkap cara kompres file word hingga ukurannya mengecil sampai 90%.

Kompres Word – Pada kesempatan kali ini, Alutekno akan membahas tentang bagaimana cara mengecilkan atau kompres file word sehingga ukurannya menjadi lebih kecil hingga 90% dari ukuran sebelumnya.

Ukuran file yang besar memang menjadi salah satu persoalan yang terus berkembang untuk diselesaikan, termasuk ukuran file word.

Dengan ukuran file yang semakin kecil, akan memudahkan kita untuk mengirim atau memindahkan file word yang telah kita buat sehingga lebih cepat dikirim dan tidak memakan banyak memory.

Beberapa situs juga sering kali membatasi ukuran maksimal file word yang bisa diupload pada server mereka, misalnya saat Anda mengunjungi situs pencari kerja dan diminta untuk melampirkan dokumen data diri atau cv dalam format word maka ada ukuran maksimum dokumen yang bisa di upload.

Jika ukuran file word Anda melebihi batas maka Anda harus mengecilkannya terlebih dahulu dengan cara di kompres.

Pada kesempatan kali ini, akan kami jelaskan secara detail cara kompres file word dengan mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan tanpa aplikasi tambahan.

Namun, sebelum kami berikan panduan cara kompres file word, terlebih dahulu Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan file word berukuran besar, sehingga Anda bisa mengantisipasinya terlebih dahulu.

Penyebab Ukuran File Word Terlalu Besar

1. Terlalu banyak gambar

Penyebab pertama ukuran file word yang terlalu besar adalah banyak gambar yang tidak perlu didalam dokumen, gambar merupakan penyebab terbesar ukuran file word yang membengkak.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Error Unable to Start Correctly 0xc0000005

Jika Anda memang memerlukan gambr didalam dokumen Anda, lebih baik ukurannya di sesuikan dulu dengan cara di crop, jangan sampai terlalu besar hingga mempengaruhi ukuran total dari file word Anda.

Anda juga bisa mengkompres ukuran gambar terlebih dahulu sebelum Anda masukkan kedalam file word, Anda bisa menggunakan image compressor seperty tinypng.com atau mengedit nya terlebih dahulu menggunakan microsoft paint.

2. Terlalu banyak text formating

Penyebab selanjutnya ukuran file word Anda yang besar adalah terlalu banyak text formating, text formating adalah format-format yang mempengaruhi tampilan text seperti bold, italic, color, shading, dll.

Biasanya text formating akan secara otomatis terinput ketika Anda copy tulisan dari website atau aplikasi lain dan langsung paste ke microsoft word.

Untuk menghilangkan text formating, Anda bisa paste text yang Anda copy ke notepad terlebih dahulu atau menghilangkan nya secara langsung di microsoft word dengan cara blok terlebih dahulu text yang ingin Anda hilangkan formatingnya, lalu pilih menu Home kemudian tekan icon Clear All Formating.

image 3 - 2 Cara Kompres File Word (doc, docx, odt) Online dan Offline
clear formating pada microsoft word

Setelah Anda mengetahui penyebab file word Anda besar, berikut ini adalah cara mengecilkan file word dengan cepat dan mudah.

Cara Kompres File Word Menjadi Kecil

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan cara offline dan online, berikut adalah panduan lengkapnya.

1. Mengecilkan Ukuran Word Offline

Untuk mengecilkan ukuran word secara offline Anda hanya perlu menggunakan microsoft word, karena software pengolah kata dari microsoft ini telah menyediakan tools untuk compress didalam menu nya, berikut adalah langkah-langkah kompres word menggunakan microsoft word dengan mudah.

  • Silahkan buka dokumen word yang ingin Anda kecilkan ukurannya.
  • Setelah itu klik File > Save As > Browse dan pilih lokasi penyimpanan file yang Anda inginkan.
  • Kemudian pada bagian bawah, Klik Tools > Compress Picture.
  • Pada Compression Option, centang Delete Cropped areas of picture, dan pada bagian Resolution pilih Email (96 ppi).
  • Setelah itu klik OK dan Save.
Baca Juga :  Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 Kelebihan Serta Kekurangannya

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Cara Kompres File Word 1024x527 - 2 Cara Kompres File Word (doc, docx, odt) Online dan Offline
kompres file word menggunakan microsoft word

2. Mengecilkan Ukuran Word Online

Selain compres word secara offline, Anda juga bisa mengecilkan ukuran file word menggunakan tools secara online.

Salah satu tools online compressor word terbaik yaitu clipcompress, tools ini bisa mengecilkan ukuran word hingga 90% dari ukuran awalnya.

File word yang mampu di kompres oleh tools ini adalah Doc, Docx, Docm, Dotx dan Odt, dan ukuran maksimal file yang bisa diupload hingga 50MB.

Berikut adalah panduan lengkap kompres file word secara online menggunakan clipcompress.

kompres word online 1024x532 - 2 Cara Kompres File Word (doc, docx, odt) Online dan Offline
Kompres word online
  • Silahkan buka situs Clipcompress.
  • Klik Select File to Compress lalu pilih file word yang ingin Anda kecilkan ukurannya kemudian klik OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai.
  • Klik Download File.
  • Agar file Anda aman dan tidak disalah gunakan, setelah proses download selesai silahkan klik Delete file from server.

Dengan cara diatas, Anda bisa mengecilkan ukuran file word hingga 90%, besar kecilnya ukuran file hasil kompres tergantung kondisi file Anda.

Kesimpulan

Demikianlah tips cara kompres file word secara online dan offline yang bisa kami sajikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Sebelum Anda melalukan kompres file, agar hasil kompresnya maksimal ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu, pastikan Anda memasukkan gambar pada dokumen menggunakan menu Insert dan crop gambar yang terlalu besar menggunakan fitur bawaan microsoft word, karena hasil crop yang tidak terpakai nantinya akan di hapus saat proses kompres.

Agar file hasil kompres word Anda semakin kecil ukurannya, Anda juga bisa mengkombinasikan 2 metode kompres word diatas, Anda bisa kompres file menggunakan microsoft word terlebih dahulu kemudian Anda kompres lagi secara online.

*Artikel ini diperbarui pada 25 November 2021